Senin, 07 Oktober 2013

Optimasi Pada Posting Baru


Hal yang banyak terlupakan oleh para newbie termasuk saya adalah kurangnya pengetahuan akan pentingnya melakukan optimasi pada posting baru mereka, kebanyakan hanya buat artikel lalu publish, padahal akan sayang jika artikel hasil kerja keras yang kita buat dengan sungguh-sungguh dan penuh ide kreatif dan unik dari kita terbuang percuma dengan tenggelamnya artikel kita di database google akibat kesalahan sepele yang berakibat fatal. maka sebagai pengingat bagi saya pribadi dan mungkin bisa anda praktekkan tutorial singkat tentang optimasi seo saat awal membuat posting ini, bagi para master of seo saya mohon koreksinya jika ada kesalahan saya dalam artikel ini, dan berikut adalah langkah optimasinya:

1. Optimasi Alt Gambar
ALT Pada gambar sangatlah penting untuk memberi tahu kepada robot crawler mesin pencari, karena menurut master di luar sana robot crawler tidak bisa membaca gambar, hanya bisa membaca teks.

Untuk pemasangan ALT pada gambar cukup klik gambar >>> Lalu Klik Properties >>> Dan Masukkan saja ALTnya.

2. Optimasi Deskripsi Penelusuran
Deskripsi pada sebuah blog adalah sebagai gambaran singkat suatu halaman tersebut, jadi janganlah sampai lupa untuk menerapkannya saat awal membuat blog. Untuk pemasangannya klik "Deskripsi Penelusuran" dan isikan form dengan deskripsi sesuai kehendak kita, deskripsi juga sama dengan permalink yaitu buatlah sebaik mungkin dan tepat sasaran.

3. Setting Permalink
salah satu kesalahan yang sering kali dilakukan oleh para blogger, yaitu tidak mensetting permalink halaman artikel baru mereka.Untuk Men-Setting Permalink klik "Tautan Permanen" pada saat membuat artikel baru, dan gunakanlah permalink yang tepat untuk halaman artikel baru anda tersebut.

4. Optimasi dengan Bold, Italic, dan Underline.
Dari yang saya amati banyak artikel di page one menggunakan teknik ini, uasahakan setiap kata kunci yang kita bidik tandai dengan attribut Bold, Italic dan Underline. Karena akan mendapatkan nilai plus dimata pengunjung dan Robot crawler, tapi jangan terlalu berlebih dalam memberikan atribut di setiap halaman blog anda, karena bisa-bisa dianggap spam oleh robot crawler.

5. Optimasi penggunaan rel="nofollow" pada link keluar
Pemakaian rel="nofollow" sangat disarankan oleh para master seo dan disukai oleh google , pemakaian rel="nofollow" ini digunakan untuk link keluar atau outbond link. rel="nofollow" menandakan link tersebut tidak akan diikuti oleh Robot Crawler, dan manfaatnya adalah menjaga popularitas blog kita.

6. Optimasi Internal Link
Tautan link dalam blog atau internal link sangat disarankan oleh Google, karena dapat meningkatkan popularitas dan pageview suatu halaman sehingga artikel tsb baik dimata search engine, serta akan mempermudah pengunjung dalam mencari dan menjelajahi seluruh halaman blog kita dan imbasnya adalah bounce rate blog kita akan semakin baik.

7. Optimasi H1 - H6
Bagi newbie seperti saya pasti bingung apa itu H1 dan seterusnya, sebagai pengingat saja dan buat newbie yang belum tahu.

H1 = Judul Blog
H2 = Judul Post
H3 - H6 = Widget


Untuk heading H1, disarankan hanya dipakai satu kali dalam setiap halaman blog diharapkan biar ada pembeda yang jelas antara judul blog dan judul Artikel. Dan ini digunakan sebagai bidikan kata kunci utama blog.

Demikianlah ulasan singkat saya sebagi cara untuk mengatasi Algoritma Hummingbird yang diperuntukkan menyaring niche blog yang ada di database mesin pencari google.

1 komentar: